Monday, May 23, 2016

Mendidik Anak

Seorang raja pernah beramsal "Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya, tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya" Setelah 20 tahun lebih, saya mau ungkapkan kisah yg selalu saya simpan sendiri.. Waktu saya sekolah di asrama, saya pasti selalu melanggar aturan liburan..ampe lupa kapan saya ga mlanggar aturan liburan hehe.. Jelang liburan, biasa nya ortu temen saya sudah belikan tiket tuk saya langsung Jogja Jkt Batam spy saya balik ke Tj Pinang..ntah liburan pendek or panjang.. saya menginap sehari di rumah temen di Kota Gede Jogja (nama dirahasiakan).. Pas balik masuk asrama, jadwal itu harus balik asrama siang hari..krn ada kurvey tuk bersih2 asrama..saya selalu masuk asrama itu sore jam 5an.. Nah itu, ntah kenapa setiap saya pulang telat, di ruang tamu saya selalu ketemu seorang Kolonel Marinir..alasan saya selalu pesawat penuh dari Jkt ke Jogja jadi dapat tiket siang..udah mulai traumatis nie cerita.. Kolonel Marinir ini pny SOP tuk hukum saya, pertama beliau cubit perut sambil di uyek2 jadi berasa goyang dangdut dengan penyiksaan..setelah itu push up ampe bego sit up ampe bego dan scotch jump ampe bego ampe beliau selesai kasih ceramah.. Setelah itu saya baru kasih tau beliau ada oleh2 dari orangtua saya tuk beliau dan Ibu.. Ortu saya dari saya kecil memang selalu kasih ucapan terimakasih tuk guru2 yg ajar anak2nya..tanpa ada maxud apapun..saya tau itu pasti krn waktu SD saya pernah ksih titipan ortu ke guru..selang beberapa lama kemudian, saya dihukum guru tsb dan ngadu ke ortu..malah saya dihukum ortu dan jawaban ortu sederhana.."kau kan dihukum guru, karna kau salah"..jiaaah.. Dan kenapa selalu oleh2 tuk Bapak dan Ibu Kolonel Marinir ini krn saya kiriman Lantamal Batu Hitam Tj Pinang..yaaa sesama TNI AL lah.. Pas liburan terakhir di asrama tsb, saya telat masuk asrama..dan Kolonel Marinir itu sudah menunggu saya sambil tersenyum..dalam hati saya udah senang ga bakalan kena hukum.. Beliau langsung nanya "mana oleh2 dari ortu kamu tuk saya?"..buru2 saya buka tas dan kasih..setelah itu beliau langsung cubit pinggang saya dan push up sit up scotch jump ampe tobat, bener2 btobat saya dibuatnya. Rupanya beliau telepon ke ortu saya, apakah saya sudah berangkat tuk balik asrama dan ortu saya infokan saya sudah di Jogja sehari sebelum masuk asrama.. aseeeem beneeeer... Dan malam hari itu juga saya disuruh ke rumah beliau setelah makan malam..fiuuuuh kesannya makin horor ceritanya.. Kolonel Marinir yg sesuai dg lirik lagu "wahai pelatihku dikau kejam sekali.." ini mempunyai konsep batasan yg jelas ketika sudah di rumah, beliau menjadi seorang ayah bagi anak2nya.. beliau btanya kenapa saya suka telat padahal 1 hari sebelum jadwal masuk, saya sudah di Jogja.. Saya ceritakan krn cek out hotel jam 12 siang dan saya sudah disewakan mobil 1 hari penuh ampe balik ke Magelang..rugi dong jadi saya bangun siang trus jalan2 dulu di Jogja hahaha... Dan beliau btanya kenapa setiap pulang liburan saya selalu bawa tas besar dan saya ksih tau isinya minuman dan coklat yg gada di Indonesia lah saat itu..tuk temen2 di barak..Dan itu pun krn didikan ortu spy tbiasa berbagi dg temen2.. Beliau senang krn saya tidak pernah mau ngadu ke ortu ttg hukuman yg saya terima, wong itu ksalahan saya sendiri jadi saya harus siap terima konsekuensi..lagian saya tau batasan aturan yg bisa dilanggar, mana pernah saya langgar Kode Etik..apalagi yg pacaran dg sesama siswa hahaha...klo pun saya pny nyali ngadu k ortu, bisa digantung hidup2 saya ama ortu hahaha. Hanya ortu gila ketika anaknya sdh dpt pendidikan tbaik, lalu mlanggar aturan trus dibela..Pastinya saya pny jiwa korsa..keren kan.. Ortu saya baru tau nie kenakalan anaknya itupun kalo ortu baca or dikasih tau hahaha.. Inti cerita nya sie sederhana, saya selalu simpan 1 or 2 kaleng minuman dan coklat tuk saya sendiri..ntah gimana walo lemari di kunci, barang2 itu bisa hilang juga..masih penasaran siapa yg suka ambil..

No comments: