Thursday, April 5, 2007

A Family

A Family

Hari Rabu tanggal 13 Desember 2006 aku turun dari Puncak pukul 5 pagi .. Gara2 gawe ampe jam 3 pagi n ga berani tidur lagi krn takut kebablasan..hihihi..

Oh ya aku ada tugas konsinyering dari hari Senin ampe Rabu..Giling dah.. 2 hari kerja sll ampe jam 3 pagi..Huh..ga bener itu, PNS disuruh kerja kek swasta..wong gajinya aja beda..hahahahaha..

Naik bus dari Ciawi sampai Terminal Kampung Rambutan..
Ampe Jakarta Pukul 06.30 n langsung naik taxi biar bisa ampe rumah n bisa tidur bbrp jam bfore kembali ke kantor..

Denger logat supir taxi keknya logat orang batak deh..hehehehe..Aku pun btanya "Batak pak ? "ya" jawabnya.. Lanjut ku "Marga apa lae?" Jawabnya "Halak Batak do hamu?? Hurip ku halak Jawa hamu lae" sambil tsenyum lae itu.. "Marga Situmorang aku lae".. Aku pun menjawab sambil tertawa "Sirait"

Ngobrol2 dg Sitor ini menyenangkan juga.. Dia bercerita pernah gawe di Medan, Palembang n Jakarta. Pernah jadi preman n supir metro mini sebelum akhirnya jadi supir taxi..hehehehe...

Yang menarik ketika Sitor ini menceritakan keluarganya.. Jadi Sitor baru pindah ke daerah Ciledug stahun yg lalu..sebelumnya tinggal di daerah Kampung Rambutan..Sitor membawa keluarganya pindah krn takut anak2nya pake Narkoba..

Anaknya ada 3 orang.. Yg paling bsar di SMP Strada di deket rumah ku..
Aku sempet agak heran krn SMP Strada tuh menurut aku agak mahal untuk seorang supir taxi..N aku tanya kenapa skolah di Strada, apa gada sekolah yg lain..
Jawab Sitor "Ada lae, cuma cam'mana..Sekolah yg bagus cuma SMP Strada yg deket2 Ciledug.."

Lalu aku pun bertanya gimana sekolah anak2nya..
Sitor "Ah..dulu waktu smp negeri di Kampung Rambutan..rangking 1 anak2 ku di sana..skarang Di Strada semester lalu rangking 18 skarang lumayanlah rangking 8" dengan muka agak ditekuk..
Aku pun menjawab "Hebat dong anak2 lae"
Sitor pun kebingungan "Apanya yg hebat rangking 8 lae??"
Akupun menjelaskan asal2an "Bayangin lae..pertama kali masuk SMP Strada, anak lae rangking 18 lalu semester berikutnya rangking 8, brarti anak lae mampu membaca situasi n beradaptasi dg keadaan.. "
"Bayangin anak lae yg harus naek angkot bbrp kali untuk sampe skolah dibanding dg anak2 orang kaya yg pake supir n mobil pribadi ke sekolah".."Bayangin gimana anak2 lae yg sorry hanya anak seorang supir taxi tidak malu n risih btemen dg anak2 orang kaya"

Sitor pun menjadi ceria.."Ah..bener juga pendapat lae, emang anak2 ku itu rajin belajar n ga minderan.."

(itulah enaknya ngobrol dg orang Batak, bisa apa adanya tanpa tsinggung..kalo ama orang lain mungkin dianggap aku ga punya etika krn membanding gajik etc..Well dont be afraid to tell the truth of u)

Akupun menaikkan semangatnya "Jadi ga sia2lah kerja keras itu ya lae??"
Sitor sambil tsenyum lebar "Ah lae..cam'mananya..bgitulah cari makan lae.. emang sie jadi tenang n puas kerja itu krn tau anak2 ga macam2 n suka belajar"

Aku pun btanya lagi "Lae kerja dari jam brapa ke brapa"
Sitor "Dari jam 4 pagi sampai jam 12 malam lah"
Aku " Ga sempet liat anak2 dong"
Sitor "Lae, aku ini hanya orang bodoh..tau ku hanya cari makan untuk kluarga, biarlah istriku yg didik anak2..Malu aku kalo ktemu anak2 ku krn mereka lebih pintar dari aku"..

etc...etc...etc...

What r the point of the story ?

1. Anda harus menetapkan standar yg anda inginkan dalam hidup ini..

Situmorang supir taxi tersebut hanyalah seorang supir taxi..Bedanya dengan kebanyakan orang.. Dia telah menetapkan standar tertentu ttg masa depan keluarganya..

Bukan standar ttg gaya hidup, bukan standar penampilan..bukan standar apapun yg dapat diliat kasat mata manusia..Situmorang membuat standar yg realistis n jelas dalam visinya ttg masa depan..

2. Anda harus bekerja keras dengan penuh Iman n Pengharapan..

Bisa anda bayangkan bgitu banyak orang pintar n kaya yg hanya punya 1-2 anak yg hidup dg kekuatiran takut harta benda habis etc..anaknya diberi semua fasilitas tanpa ada tantangan untuk mendapatkan..

Sebenarnya orang2 kaya n pintar tsb telah kehilangan kemampuan tbaiknya ktika terlena dalam kenyamanan hidup sesaat yg tengah dinikmatinya.. Kenapa aku berani bkata demikian ?? Karena tidak ada seorang pun tau ttg Kehidupan..

Sedangkan Situmorang..dia jalani hidup tanpa takut akan kekalahan.. Btw, mungkin itulah salah satu keuntungan jika anda tidak mempunyai harta benda berharga dalam hidup.. Anda jadi lebih menghargai Iman dan Pengharapan.. Keknya ada buku tua yg menulis tentang Iman, Pengharapan dan Kasih deh..

3. Kenalilah diri anda sendiri..

Situmorang supir taxi tersebut tau ttg dirinya sendiri.. Dia tau kelemahan n kekuatannya, Dia hidup dengan itu.. Ktika anda mengetahui diri anda sendiri, maka anda bisa menghargai diri orang lain..

Seperti Situmorang yg mempercayakan masa depan keluarganya pada seorang wanita yg menjadi istrinya.. Hal itu menunjukkan bahwa Situmorang menghargai istrinya diatas segala2nya dalam hidup ini..

Dan ini juga sebagai pembuktian.. siapa bilang jadi ibu rumah tangga bukan sebuah karir ?? Hanya orang bodoh yg mengatakan hal tsb..

Anak2 adl investasi akan masa depan sbuah keluarga..Seorang Ibu adalah CEO yg mengatur proses produksi hingga dapat Harga Pokok Penjualan/COGS. Dan ibu pula lah yg menentukan kualitas akan anak2nya.. Jika dianalogkan..Maka seorang ibu harus mampu memberikan smua yg tbaik dari hidupnya agar anak2nya bhasil..

Aku tidak menyatakan bahwa jika anak2 anda menjadi pintar n kaya raya suatu hari nanti maka anda akan bahagia.. Aku tidak katakan jika anak2 anda pake narkoba brarti langit telah runtuh..

Kebahagian tidak dapat diukur dg paramater apapun krn stiap orang mempunyai variabel n handi cap masing2.

Aku hanya ingin katakan.. Membesarkan anak2 adalah hal yg paling susah di dunia ini..krn anda tidak berhak memasukkan cara bpikir anda ke dalam otak mereka.. Anda hanya berhak memberikan wawasan agar anak tsb mampu memutuskan apa yg tbaik dalam hidupnya..

Dengan hak anda yg sangat sedikit..anda mempunyai kewajiban bgitu bsar..Anda harus membuat anak mengeluarkan smua kemampuan tbaiknya.. Anda harus memberi tangan ktika anak anda jatuh ke dalam jurang tdalam n mnyadarkannya..

Hal tberat adalah ktika anda harus mengalah banyak hal tmasuk emosi thd anak2 anda..

Kalo ga salah dalam suatu agama ada sbuah ritual yg mengharuskan orang tua untuk berjanji membesarkan anak2 mereka menurut jalan Tuhan..

4. Anda harus menentukan apa yg anda inginkan dalam kehidupan ini n peran anda dalam dunia ini..

Aku pernah membaca sebuah buku tua..dimana seorang raja pernah di tanya oleh Sang Dewa "Wahai raja, apakah yg engkau inginkan, kekayaan, kehormatan atau kehidupan" Maka sang raja itu pun menjawab "Gusti Allah..jika permintaan hamba bkenan kepada Gusti, maka hamba meminta kebijaksanaan"

Aku sll bpikir btapa dalam analisa sang raja ini krn dari kehidupannya, raja ini tau, bahwa yg diinginkan dalam hidupnya adalah kebijaksanaan.. Hidup ini bukan matematika dengan sgala hitungan pasti.. Hidup ini bukanlah Hukum Manusia dg sgala peraturannya.. Hidup ini ada yg kita sebut Grey Area..dimana kbijaksanaan harus diambil dg dasar pemikiran, pemahaman dan keyakinan akan sbuah kputusan..

Ktika anda telah menentukan tujuan hidup anda..maka tidak lah susah untuk menentukan peran anda dalam kehidupan ini..

Aku selalu menanamkan dalam hati dan pikiran, bahwa aku hanyalah seorang pelayan.. hanya pelayan..

So jika nanti aku diijinkan berkeluarga n punya anak2.. maka aku hanyalah seorang pelayan akan masa depan keluarga ku nantinya..So aku tidak pernah bahwa karir adalah sgala2nya.. Bagi aku karir hanyalah alat agar dapat memberikan kewajiban yg tbaik buat kluarga aku..

5. Temukan Tuhan dalam kehidupan Anda

Anda jangan banyak berharap ketemu Tuhan ktika anda ke Rumah Ibadah.. Jangan berharap bertemu Tuhan ketika Anda ke Panti Jompo atau ke Panti Asuhan.. Jangan berharap bertemu Tuhan ktika ke Penjara..

Temuilah Tuhan di sgala tempat, sgala waktu dengan segenap akal budimu, segenap jiwa mu dan dengan segenap hatimu.. Dan cintailah Tuhan Allah mu..

Aku pun jadi teringat akan orang tua ku..

Ktika aku masuk SMA Taruna Nusantara..Mama ku hanya memberi sbuah Alkitab sambil bkata dgn mata ingin menangis.. "Rajin belajar n bdoa ya sayang..." Eh ga taunya bdoa pun jarang.. belajar pun ga pernah hihihihi... Emang gue pikirin..wong mama ku tetep sayang aku koq hahahahaha...

Didalam Alkitab tsb ada surat dari Bapak ku n katakan bapak ga bisa datang ke pelantikan penerimaan siswa baru di Magelang..karena ada pekerjaan.. N jika bapak ga datang bukan krn bapak ga sayang padaku, krn bapak harus melaksanakan tugas seorang laki2 mencari makan.. N now, i understood what it meant..

Aku jadi teringat akan lagu Il Divo yg judulnya kalo ga salah Mama.. yg dalam liriknya ada kata2 " Mama i am thank you for who i am..Thank you for i am being not.. Thank you for the love i have..all my life.." N juga lagu dari Ada Band yg judulnya "Ayah".. Ayah dengarkan betapa sesungguhnya ku mencintai mu.. Ku trus bjanji akan penuhi pinta mu..."

N Now I am thank you for them..that now i am as i am..
I just want to say..how much i love them.. How much I appreciate them..N How I am proud bout my family

Oh ya..sebagai orang Batak.. ktika aku ikut kumpulan orang Batak..Ga pernah tuh ada orang Batak yg nanya, sudah brapa rumah mu, mobil mu, sawah mu etc.. Yang ditanya pasti.. Ai songon dia anak hita ?? Didia karejo ?? Nunga lulus siapudan i?? etc..

Tau ga ortu aku orang yg miskin secara harta..btw, ortu ku dg bangga dalam kemasan rendah hati pasti menceritakan 5 anaknya yg sedang menuju meniti anak tangga keberhasilan... Ortu mana yg ga seneng ktika 5 anaknya jadi sarjana n gada yg nganggur..

Bisa bayangkan gimana ortu ku harus jual harta benda hanya untuk anak2nya sekolah n krn anak2nya mau ikut kursus ?? Bisa bayangin gimana kami harus makan apa adanya asal bisa sekolah?? Masa itu telah blalu, yg slalu tetap ada adalah spirit bahwa masa depan dgn penuh harapan adalah sgala2nya..

Kehidupan adalah sst yg layak untuk diperjuangkan dengan Cinta, Iman dan Pengharapan..

Suatu hari nanti ktika Mama ku meninggal maka aku akan katakan.. "Mama, thank u for being the music n the soul of my heart"

N to my Papa hmmm I would like to say "Pa, Thank u for make me a better man"...

Damn...how can i bcome so melankolic.. I HATE THAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

No comments: