Thursday, April 5, 2007

Teka - Teki Albert Einstein


Saya suka teka-teki ini.. Pertama baca yang membuat saya tertarik adalah disebutkan yang buat teka-teki ini Einstein.. Wow.. menarik bukan.. Jika ini benar2 ciptaan Einstein, maka hal yang menarik adalah, ditengah kesibukannya Einstein sempet membuat teka-teki yang keliatan susah n ga taunya hanya iseng2 aja..
Ketika saya mengerjakan soal ini, saya sempet kesel krn mencoba bbrp teori math yang ada n tidak ada satupun yang nyambung.. sampai akhirnya saya marah n teriak "Ngentit.. (ga gitulah.. agak2 mirip dikit ;p) sambil tendang semua itungan yang telah saya buat.. Kemudian saya melihat skilas ke itung2an dan tiba2 saya mendapatkan jawabannya..

Kemudian apa yang buat saya senang bisa mengerjakan teka-teki ini ?? Bukan krn saya mampu selesaikan dlm 1 jam.. or saya mungkin tmasuk ke dalam 2% orang yg mampu menyelesaikan..
Justru saya tsadarkan bahwa tkadang, akal dan pandangan kita tbentuk oleh hal2 yang biasa tjadi or apa yang diajarkan.. Sedangkan dalam teka-teki ini, diajarkan hal yang benar2 tjadi walaupun jarang kita pikirkan scara logic.. Bingungkan?? Sama...hihihihihi...

Saya mencoba membagi teka-teki ini pada orang satu ruangan.. N temen2 kantor saya tertarik untuk mengerjakan.. Hmm..I am still the best dg record 1 jam ;p.. Saya jadi menyangsikan pernyataan bahwa hanya 2% manusia yg mampu mengerjakan soal tsb.. Saya justru melihat, stiap orang yang mau brusaha akan mampu mnyelesaikan teka-teki ini, well maybe teka-teki atas jalan kehidupannya sendiri.. Or maybe meningkatnya kualitas hidup manusia sehingga IQ manusia smakin tinggi menyebabkan angka 2% menjadi bias jika statement tsb dikeluarkan Einstein pada jamannya dan dibandingkan pada jaman ini.. I dont know..

Kenapa saya memasukkan kedalam blogs saya.. Bukan karena saya mampu menyelesaikan teka-teki ini.. Saya hanya ingin menyimpan n membaginya.. Saya simpen untuk diri sendiri agar suatu saat nanti saya ingin mencobanya kembali, saya tau dimana menyimpannya..Spt nya saya akan lupa jawabannya jika disuruh mengerjakan lagi dikemudian hari..Seandainya pun saya tidak inget lagi cara mendapatkan jawabannya.. paling ga saya mau merasakan kembali saat saya sangat senang ktika mendapatkan jawaban teka-teki ini..

Its like.. Eureka....eureka, Remember ?? Saat Archimedes menemukan hukum apa gitu..Untung saya tidak keluar rumah sambil telanjang bulat spt beliau...hihihihihi...

Ps.. Salam hangat buat manusia yang mampu mendapatkan jawaban dalam 10 menit.. Just wanna ask, How smart r u ??? U r So cOOllllll ...

(==============================================================)

Konon, Albert Einstein menyusun teka teki ini hampir seabad yang lalu.
Dia menyatakan,98% penduduk didunia tidak mampu memecahkan teka teki ini.
Teka-teki ini tidak mengandung trik, hanya murni logika.

Apakah loe termasuk yang 2% ?
Semoga loe2 smua beruntung... & Don't give up!

Let's go!

Ada 5 buah rumah yang masing2 memiliki warna berbeda. Setiap rumah dihuni
satu orang pria dengan kebangsaan yang ber-beda2. Setiap penghuni menyukai
satu jenis minuman tertentu, merokok satu merk rokok tertentu dan memelihara
satu jenis hewan tertentu.

Tidak ada satupun dari kelima orang tersebut yang minum minuman yang sama,
merokok merk rokok yang sama dan memelihara hewan yang sama seperti penghuni
yang lain.

Pertanyaannya: Siapakah yang memelihara IKAN?

Petunjuk:

Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah.

Orang Swedia memelihara anjing.

Orang Denmark senang minum teh.

Rumah berwarna hijau terletak tepat di sebelah kiri rumah berwarna putih.

Penghuni rumah berwarna hijau senang minum kopi.

Orang yang merokok PallMall memelihara burung.

Penghuni rumah yang terletak di-tengah² senang minum susu.

Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill.

Orang Norwegia tinggal di rumah paling pertama.

Orang yang merokok Marlboro tinggal di sebelah orang yang memelihara kucing.

Orang yang memelihara kuda tinggal di sebelah orang yang merokok Dunhill.

Orang yang merokok Winfield senang minum bir.

Di sebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia.

Orang Jerman merokok Rothmans.

Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air.



Rekor tercepat untuk bisa menyelesaikan teka-teki ini adalah 10 menit. Who can break this record???

1 comment:

cature said...

yang melihara ikan orang jerman ya?
kalo ya waktu saya 30 menit.. ;)